Monday, May 20, 2013

Cara Mudah Membangun Customer Care 147 Menggunakan Zycoo

Ilustrasi Customer Care 147


Saat Anda menghubungi 147 untuk mengajukan keluhan atau sekedar bertanya produk Telkom, Anda akan melalui 3 tahap menu suara berikut :
1. Terdengar sambutan 'selamat datang di Telkom 147, tekan 1 untuk bahasa Indonesia or press 2 for service in English'.
2. Jika menekan 1, Anda akan mendengar menu suara 'Tekan 1 untuk  Flexi, Tekan 2 untuk Speedy, dan Tekan 3 untuk Telephony..'
3. Jika Anda membutuhkan informasi tentang Speedy, Anda tekan 2 dan dengan segera, salah satu Agent Customer Care Speedy Telkom akan berbicara dengan Anda.

Layanan 'Customer Care' belakangan ini menjadi populer karena sangat membantu pelanggan-pelanggan Anda untuk mendapatkan informasi jelas dan menyampaikan keluhan mereka.

Aspek 'Customer Care' inilah yang mulai dilirik oleh pelanggan sebagai tolak ukur kualitas pelayanan atau sebagai nilai tambah setelah mereka membeli produk Anda, baik barang atau jasa

Terbayang untuk menerapkan hal yang sama di Bisnis Anda ?

Dengan IP PBX Zycoo ZX Series, ilustrasi 'Customer Care' diatas bisa direalisasikan dengan mudah.
Ilustrasi topology dengan menggunakan Zycoo

Beberapa hal yang dibutuhkan :
1. IP PBX Zycoo
2. Nomor Hotline / Hunting
3. PC + Softphone + Headset (option 1)
4. IP Phone + Headset (option 2)

Fitur-fitur yang digunakan untuk merealisasikan 'Customer Care 147' pada Zycoo :
1. Rekam menu suara yang Anda inginkan dan setting IVR (Mesin penjawab)
contoh : 'Selamat datang di ToekangModem.com, customer service kami akan segera melayani Anda'
Setelah menu suara selesai, panggilan akan diteruskan ke fitur 'Call Queue'

2. Setting Call Queue
Pada settingan 'Call Queue' ini Anda bisa menentukan :
1. Siapa saja agent yang tergabung dalam grup antrian ini
2. Bagaimana strategi dering agent jika ada incoming call (contoh : dering satu per satu bergiliran atau dering semua)
3. Apakah perlu memberitahukan posisi antrian Pelanggan dan perkiraan waktu tunggu
4. Apakah perlu memberikan announcement iklan / promosi selama Pelanggan menunggu

Dengan 2 konfigurasi mudah ini, ketika ada telepon masuk dari nomor Hotline Anda, serangkaian program 'Customer Care Hotline' Anda sudah bisa berjalan

Mudah bukan ?



No comments:

Post a Comment