Monday, May 27, 2013

Cara Mudah Install Gammu Windows dan Kalkun - Part 3/4 (Penyempurnaan Kalkun)

1. Pastikan Kalkun sudah bisa mengirim SMS. Referensi klik disini

2. Buka 'services.msc' dan stop service 'Gammu SMSD Service'


3. Buka 'command prompt', masuk ke directory 'C:\gammu\bin\' dan ketik perintah
gammu-smsd -u


4. Buka 'smsdrc' dan edit baris 43
runonreceive = C:\xampp\htdocs\kalkun\scripts\daemon.bat


5. Masuk ke direktori 'C:\xampp\htdocs\kalkun\scripts\' dan buka file 'daemon.bat'
Edit baris 5
set PHP=C:\xampp\php\php.exe
Edit baris 7
set DAEMON=C:\xampp\htdocs\kalkun\scripts\daemon.php


6. Buka 'command prompt', masuk ke directory 'C:\xampp\htdocs\kalkun\scripts\' dan jalankan 'daemon.bat'


7. Buka kembali 'command prompt' dimana Anda uninstall service 'Gammu SMSD' dan ketik perintah
gammu-smsd -c smsdrc -i


8. Buka 'services.msc' dan jalankan service 'Gammu SMSD Service'

9. Buka kembali 'localhost/kalkun' dan coba kirim SMS lagi menggunakan Kalkun


10. Lakukan test membalas SMS tersebut



11. Untuk menyesuaikan tanggal dan waktu pada tampilan Kalkun bagian atas
Edit file 'index.php' pada direktori 'C:\xampp\htdocs\kalkun'
Hilangkan tanda '\\ ' pada baris 17


Tampilan homepage Kalkun

18 comments:

  1. trimakasih pak.... sangat membantu sekali..

    ReplyDelete
  2. pas njalanin service error 1053, gimana solusinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi herupurwito

      pakai OS apa ?
      mungkin link disini bisa membantu http://support.microsoft.com/kb/839174
      umumnya jika pc yang digunakan adalah windows7 32bit fresh (blm terlalu byk install applikasi yg menjalankan background service) langkah2 diatas pasti jalan tanpa error. :)

      selamat mencoba

      Delete
  3. Replies
    1. kalau nama folder di htdocs bukan kalkun, maka harus di setting di daemon.php nya.

      Delete
  4. Hi Agus Supriyanto

    Pastikan Daemon di langkah 4-7 dijalankan dengan benar

    ReplyDelete
  5. mas kok saya gak bisa ngrim dari kalkun maupun dr hp,, gmn solusinya mas?
    terus 1 lagi mas di pojok kiri ada tulisan unknown.

    ReplyDelete
  6. fungsi Gammu SMSD Service itu apa sih om, kq kayak gk ada pengaruhnya, malah pas running di cmd gk bisa kirim sms??

    ReplyDelete
  7. 'C:\xampp\htdocs\kalkun\scripts\' dan buka file 'daemon.bat'
    Edit baris 5
    tapi di folder saya cuma ada 'daemon.sh'
    ga ada 'daemon.bat'
    itu kenapa yah???makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin extract file.nya g komplit
      coba di ulang step extract fil kalkun ke directory C:\xampp\htdocs\kalkun\

      (semoga bermanfaat)

      Delete
  8. gan biar "Sender :@kalkun" ndak muncul bigimane ya caranya, misal di ganti nama instansi gtu.
    matur tengkyu dan mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  9. pada langkah 8 error waktu d klik start pak?
    pesannya Error 1053: The service did not respond...........................
    itu gimana solusinya?
    terima kasih

    ReplyDelete
  10. gan, ane dah ngikutin alurnya

    tp kenapa pada kalkun'nya gammu version dan modem IMEI gc kedeteksi ea gan???

    mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  11. permisi pak mau nanya, tapi kalo sms tidak ter report di databases dan kalkun gimana pak, pencerahannya ditunggu pak ?

    terimakasih pak.

    ReplyDelete
  12. dari sekian banyak tutorial diluar, cuma disini yg paling detail, sy pun sdh mengikuti tutorial nya, memang pertama2 pasti ada kesalaha, tp klo ener2 ngikutin tutornya dengan detail sama persis working qo 100%

    http://rumahkita.net/smservice
    tested on : winxp - xampp - mysql - gammu - modem gsm huawei

    thx gan tutornya, klo ada waktu mau sy copas

    ReplyDelete
  13. terima kasih pak ... pnjelasannya sangat mendetail. Tapi saya masih mengalami kesulitan saat mengirim SMS di Kalkun.
    Pesan yang saya tulis di Kalkun tidak dapat terkirim, dan tetap berada di Kotak Keluar (Outbox).
    Mohon bantuannya pak tuk mengatasi masalah ini. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  14. please help, error kalkun
    Status: Disconnected

    ReplyDelete