Saturday, February 2, 2013

FXS Gateway (HT503) Sebagai Call Switcher PSTN / SIP

Bayangkan jika Anda memiliki permasalahan seperti ini :

 



Lalu Anggap saja Anda juga sudah berlangganan layanan VoIP. Sudah memiliki IP VoIP Server, account username dan account password.

Contoh kasus pada hal ini adalah Rate yang ditawarkan VoIP Provider dimana Anda berlangganan, untuk panggilan ke GSM seluruh Indonesia ( operator apapun ) sangat rendah dan menarik ( 24/7 ) dibandingkan Rate yang ditawarkan GSM Provider lain yang biasanya hanya meng-cover jam tertentu saja

Maka kegiatan telepon Anda akan lebih efektif dan efisien jika ada alat yang bisa mengatur switching antara panggilan ke Telkom Landline menggunakan Telkom Landline juga, dan panggilan ke GSM ataupun luar negeri menggunakan layanan dari VoIP Provider Anda.

Alat yang bisa memenuhi kebutuhan ini adalah Grandstream HT503 dengan 2 port RJ45 (WAN/  LAN) dan 2 port RJ11 (Phone / Line)

Ilustrasinya sebagai berikut :







Penjelasan sederhana

Outgoing Call :
- Jika nomor tujuan dimulai dengan digit 08 maka HT503 akan mengalihkan panggilan ke VoIP Provider
- Jika nomor tujuan dimulai dengan digit selain 08 maka HT503 akan mengalihkan panggilan LANGSUNG ke port LINE, tanpa melalui VoIP Provider. Hasilnya panggilan akan menggunakan Line Telkom Anda yang tersambung ke port LINE dari HT503

Mungkin ada beberapa dari Anda yang bertanya, mengapa tidak menggunakan Call Selector atau FWT Combo saja ?

Bagi yang belum mengetahui Call Selector, berikut ini gambarnya :


Penjelasan singkat Call Selector :
Port Tel => Telepon Analog
Port Line 2 => Line Telkom
Port Line 1 => Fixed Wireless Terminal / FWT

Saat Telepon Analog diangkat dan dial nomor tujuan, Call Selector akan membaca digit awalnya. Umumnya jika nomor tujuan dimulai dengan 08 panggilan akan dialihkan ke Line 1 dan jika nomor tujuan dimulai dengan digit selain 08 akan dialihkan ke Line 2

Jawaban dari kami adalah, jika anda menggunakan Call Selector atau FWT Combo, umumnya Anda hanya akan memiliki 1 SIMcard GSM untuk melakukan panggilan, sehingga Anda hanya bergantung ke tariff dari salah satu operator yang Anda gunakan. Dalam kondisi seperti ini tentu tariff yang ditawarkan operator bisa berubah-ubah tidak pasti. Dan terkadang tariff terbaik hanya ditawarkan di waktu-waktu tertentu saja. Alhasil usaha penghematan biaya telepon tidak terlalu maksimal.

Cerita akan berbeda jika Anda berlangganan kepada VoIP Provider yang mendedikasikan diri untuk memberikan layanan telepon super-murah ke seluruh GSM Indonesia.

Mengapa VoIP Provider memungkinkan menawarkan tarif lebih murah dibanding Anda memakai Call Selector / FWT Sendiri ?

Karena VoIP Provider pada dasarnya sudah memiliki infrastruktur alat yang memadai, dan proses routing panggilan sudah diatur sedemikian rupa sehingga panggilan Anda bisa mendapat tarif yang semurah mungkin.

Biasanya VoIP Provider akan memiliki banyak sekali FWT atau Line E1 untuk mendukung operational mereka.


Dari sisi investasi perangkat sendiri, kami hitung tidak berbeda jauh.
FWT + Call Selector = Rp 700,000 - Rp 800,000
Grandstream HT503 = Rp 1,000,000

Sehingga biarlah VoIP Provider yang berinvestasi alat dan infrastruktur server-nya sementara Anda hanya tinggal menggunakan layanan mereka saja dengan HT503. Selain praktis, tentu Anda juga tidak perlu ada biaya untuk maintain FWT Anda.

Apakah sudah terbayang kenapa solusi ini lebih baik dibanding Anda menggunakan Call Selector ditambah FWT atau menggunakan FWT Combo ? :)

Tutorial setting

Produk ybs :
Grandstream HT503

No comments:

Post a Comment